Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Saya dan Jangan Lupa Klik Tombol Like Disamping. Bagi Pengguna Akun Google Anda Bisa Join dan Memberi +1 Pada Bagian Bawah(Kiri dan Kanan) Blog Ini

Sabtu, 11 Agustus 2012

10 Cara Hidup Sehat



Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan dari semua orang. Karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan hal apa saja tanpa ada masalah. Bahkan ada pepatah Cina mengatakan bahwa “Kesehatan adalah Kekayaan.” Dan pepatah itu memang benar sekali. Kesehatan itu adalah harta yang sangat penting sekali dimiliki oleh tubuh kita. Jadi, kita harus menjaga kesehatan dengan benar.
Belum lama ini, saya mengalami sakit demam. Dan sakit itu sangat mengganggu sekali aktivitas saya seperti biasanya. Karena sakit demam yang disertai dengan pusing dan lemas yang menyerang tubuh saya membuat saya tidak berdaya dan hanya
terkurung dalam sebuah kamar dan tempat tidur yang kecil serta obat-obatan yang harus saya minum. Dan itu sangat tidak enak sekali bagi saya. Karena yang saya dapat lakukan hanya berbaring, makan, nonton tv, dan tidur, tidak lebih.
Ternyata,  sangatlah penting kita memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Karena tubuh yang sehat juga mencerminkan rohani yang sehat. Orang yang memiliki tubuh yang sehat berarti orang tidak memiliki gangguan dalam tubuh fisik maupun non fisik. Gangguan tubuh fisik artinya penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita dan dapat kita lihat pada tubuh dan fisik kita. Sedangkan gangguan nonfisik menyangkut kesehatan kondisi jiwa, hati, dan pikiran seseorang.
Kedua hal ini haruslah seimbang. Bayangkan, apa jadinya bila seseorang memiliki tubuh yang sehat tetapi memiliki rohani yang sakit? Pasti tidak akan memiliki kebahagiaan dalam hidupnya, tetapi stress yang ada dalam  hidupnya.  Karena salah satu syarat orang memiliki kebahagian hidup dalam hidupnya adalah disaat orang itu memiliki tubuh yang sehat dan rohani yang sehat. Atau sebaliknya, bagaimana bila seseorang memiliki rohani yang sehat tetapi keadaan tubuh dan fisik yang sakit? Pasti tidak akan maksimal dalam melakukan aktivitas seperti biasanya. Jadi, kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan kita, apalagi dalam meraih kebahagian hidup.
Kesehatan tidak dapat diukur dengan harta sekalipun. Emas yang murni, permata yang indah, bahkan berlian yang berkilaupun tidak dapat menandingi mahalnya kesehatan itu. Buktinya,  banyak orang yang bergelimpangan dengan harta yang mewah tetapi memiliki tubuh yang sakit bahkan sampai ada yang mati dan meninggalkan hartanya. Lalu, apa gunanya itu?
Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri dengan hidup sehat. Karena hidup sehat adalah salah satu resep kebahagiaan. Bahkan Seorang pujangga terkenal dahulupun yaitu Salomo pernah mengatakan bahwa, “Hati yang gembira adalah obat…”
Berikut adalah 10 cara mudah dari saya untuk Anda agar dapat memiliki hidup sehat:
  1. Aturlah pola makan Anda dengan baik. Artinya tidak sembarangan dan berlebihan dalam memakan. Hal ini saya namakan  self control.

  2. Olah ragalah dengan teratur. Artinya Olah raga sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, membakar lemak, serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

  3. Jangan terlalu memikirkan masalah secara berlarut-larut. Tetapi selesaikanlah masalah secara perlahan sambil mengucap syukur atas apa yang Anda hadapi. Seperti ada pepatah mengatakan: “Hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Jadi, Bersukacitalah senantiasa dalam menjalani hidup.

  4. Makanlah makan-makanan yang bergizi. Sepertinya pola 4 sehat 5 sempurna perlu di tingkatkan lagi.

  5. Istirahatlah yang cukup. Istirahat berguna untuk merefleksikan pikiran Anda sejenak dari aktivitas kehidupan yang Anda lakukan.

  6. Berusahalah untuk menyediakan waktu refreshing untuk diri Anda sendiri bersama teman.

  7. Berusahalah untuk  berpikir positif terhadap sesuatu yang datang untuk menantang ego Anda.

  8. Jagalah kebersihan Anda. Karena ada pepatah  mengatakan: “Kebersihan adalah sebagian dari iman.”

  9. Berdoa. Doa untuk menjaga hubungan rohani Anda dengan Tuhan si pemberi kehidupan dan kesehatan.

  10. Minumlah air putih setiap hari dan minimal 8 gelas dalam sehari.
Demikian 10 tips gaya hidup sehat dari saya. Dan Selamat hidup sehat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Komentar anda sangat berarti untuk kami. Terimakasih