Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Saya dan Jangan Lupa Klik Tombol Like Disamping. Bagi Pengguna Akun Google Anda Bisa Join dan Memberi +1 Pada Bagian Bawah(Kiri dan Kanan) Blog Ini

Selasa, 22 Januari 2013

Mengenal Cell di Ms Excel


Hai kawan, kali ini ini admin akan memposting pengertian dan fungsi dari salah satu bagian di Microsoft Excel, bagian Itu adalah cell. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, cell adalah kotak-kotak yang terdapat di dalam lembar kerja Microsoft Excel dan terdiri dari kolom dan baris. Admin memposting tentang cell ini agar anda yang belum begitu terbiasa dengan excel dan tidak kebingungan pada saat anda memadukan cell dengan rumus. Hal ini disebabkan oleh lembar kerja Ms. Excel yang terdiri dari cell-cell. Mau tidak mau kawan harus berhubungan dengan cell saat menggunakan Ms. Excel ataupun memadukan rumus. Langsung saja menuju pembahasan:


1. Cell Memiliki Nama
Cell adalah kotak-kotak yang terdiri dari Baris dan Kolom yang terdapat dalam lembar kerja Ms. Excel dan tentu saja cell tersebut memiliki sebuah nama. Semua cell yang ada di Ms. Excel memiliki nama yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Jika tidak memiliki nama maka rumus yang dimasukkan akan kesulitan dalam mengeksekusi hasil dari sebuah rumus.

Contoh:
Cell dengan nama C4, maka alamat cell tersebut berada di Kolom C dan Baris Ke-4

2. Perubahan Rumus Yang Merupakan Nama Cell Saat Dicopy ke Cell Lain
Nah biasanya bagi yang suka copy paste pasti hasil paste dari file yang dicopy sama persis dengan tulisan yang dicopy, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada rumus Ms. Excel yang mengandung nama suatu cell. jika di copy maka nama cell akan mengalami perubahan sesuai dengan tempat cell yang di paste.

Contoh:
Cell dengan A7 ditulis dengan rumus =B8, lalu cell A7 dipastekan di cell C4. Maka hasil dari copy-paste yang ada di cell C4 adalah =D5. Mengapa bisa begitu? Padahal itu adalah hasil Copy-Paste Lihat gambar di bawah.
Jawabannya Adalah:
Hitung selisih kolom dan baris antara tempat cell dengan nama cell yang ada dalam rumus. kemudian cell sebagai tempat hasil paste harus berubah sebesar selisih yang di dapat.

Uraian:
  1. Pengetikkan rumus di A7
  2. Isinya =B8
  3. Jarak dari antara kolom A ke B adalah 1 kolom
  4. Sedangkan jarak antara baris ke-7 dengan ke-8 adalah 1 baris
  5. Ketika cell A7 dicopy ke C4, maka isi dari cell C4 adalah cell C4 ditambah 1 kolom dan dikurangi 3 baris. Sehingga kolom C menjadi D. Sedangkan baris ke-8 menjadi baris ke-5 karena dikurangi 3 baris. Hasilnya isi dari kolom C4 adalah D5.
  6. Jadi hasil copy cell A7 ke C4 adalah =D5.
CATATAN : selisih yang ada di cell A7 dengan rumusnya, sama jaraknya dengan selisih rumus yang ada di cell C4, yaitu sama-sama 1 kolom dan sama-sama dikurangi 2 baris.

Mungkin sudah cukup jelas bagi kalian di artikel kali ini. Di postingan selanjutnya saya akan membahas perbedaan cara penggunaan antara Ms. Excel dengan Ms. Word.

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentarnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Komentar anda sangat berarti untuk kami. Terimakasih