Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Saya dan Jangan Lupa Klik Tombol Like Disamping. Bagi Pengguna Akun Google Anda Bisa Join dan Memberi +1 Pada Bagian Bawah(Kiri dan Kanan) Blog Ini

Kamis, 19 Juli 2012

Ubur-Ubur


Klasifikasi Ilmiah :
Domain: Eukaryota
Kerajaan: Animalia
Filum: Cnidaria
Kelas :
• Hydrozoa (Hydrozoa)
• Scyphozoa (Scyphozoa) — ubur-ubur
• Cubozoa (Cubozoa) — ubur-ubur kotak
• Staurozoa (Staurozoa) — ubur-ubur berjalan
• Anthozoa (Anthozoa) — koral dan anemon
Ordo :
• Stauromedusae
• Coronatae
• Semaeostomeae
• Rhizostomae
1. Awal Mula Ubur-ubur : Ubur-ubur bermula dikenal sekitar 650 juta tahun yang

lalu dan ditemukan di setiap permukaan laut. Beberapa juga ditemukan banyak di air tawar.
Ubur-ubur sebenarnya bukanlah merupakan spesien dari ikan, kadang banyak terdapat anggapan yang keliru tentang ubur-ubur, oleh karenya American Public Aquariumsk telah mempopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya, namun hingga kini ubur-ubur masih tetap dikenal dengan nama jellyfish.
Medusa (Plural Medusae) adalah istilah lain untuk ubur-ubur. Medusa adalah istilah lain ubur-ubur yang hidupa di yunani, finlandia, portugis, rumania, ibrani, serbia, kroasia, spanyol, perancis, italia, hungaria, polandia, ceko, slowakia, rusia dan bulgaria.Pada umumnya sekelompok atau sekawanan ubur-ubur ini disebut dengan istrilah bloom atau swarm.
2. Pernapasan : Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernafasan karena kulit mereka cukup tipis dan bahwa tubuh mereka telah berisi oksigen oksigen melalui difusi.Ubur-ubur terdiri dari lebih dari 90% air. Sebagian besar massa bagian payung mereka adalah bahan agar-agar (jeli) yang disebut mesoglea, yang dikelilingi oleh dua lapisan sel yang membentuk payung (permukaan atas). Sedangkan bagian permukaan bawah tubuhnya dikenal dengan sebutan bel.
3. Reproduksi : Ubur-ubur memiliki sistem reproduksi yang unik, yaitu baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun dan perempuan akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, di mana telur yang telah dibuahi dan tumbuh menjadi organisme baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Komentar anda sangat berarti untuk kami. Terimakasih